4 Jenis Sup Untuk Hangatkan Diri Di Bulan Desember

4 Jenis Sup Untuk Hangatkan Diri Di Bulan Desember

Berita Lifestyle – Sup merupakan salah satunya menu makanan yang praktis dibikin. Sup ikut pas temani dinginnya Desember karena hujan yang sering turun.

Dibanding sup cream, sup dengan kuah bening di rasa lebih cocok bila diberikan dalam kondisi hangat.

Dikutip dari Foodbeast, ada empat type sup kuah bening yang dapat dicoba di dalam rumah. Sup-sup ini dapat jadikan menu pembuka atau sebatas comfort food dengan bermacam topping yang gampang diketemukan.

1. Consommé
Consommé adalah type sup yang terbuat dari kaldu kaya perasaan. Proses membuatnya menyertakan putih telur untuk menghilangkan lemak dan endapan. Kuah dapat dibikin dari ikan, daging sapi, unggas, atau sayur.

Consommé daging sapi merupakan bahan penting pembuatan sup bawang bombay Perancis.

Membuatnya memang cukup susah. Kaldu digabung dengan potongan daging, wortel, seledri, bawang bombay, dan putih telur. Kunci untuk membuat sup ini adalah pemanasan kaldu dan intensitas mengaduk.

Berarti, Anda mesti pandai mengeset suhu saat merebus kaldu supaya endapan bekas tidak muncul ke permukaan.

Hasilnya dapat memakan waktu sampai 60 menit. Tiada meningkatkan bahan lainnya, sup dapat diberikan begitu saja menjadi appetizer.

2. Sup julienne
Masih tetap diambil dari arti dalam bahasa Perancis, sup julienne juga bisa dimaksud sup sayuran. Arti ‘julienne’ mewakili tehnik pemotongan sayur dengan bentuk tipis memanjang.

Sup ini biasa menggunakan topping lobak, wortel, bawang bombay, daun bawang, seledri, bakso, ataupun daging unggas.

Sebelum digabung dengan kaldu, akan lebih baik bila sayuran ditumis terlebih dulu.

3. Mi kuah
Sup mi atau mi kuah merupakan sup kuah bening dengan mi menjadi isian. Menu ini umum diberikan di lokasi Asia Tenggara dan Asia Timur.

Type mi yang digunakan juga bermacam dari mulai mi beras atau bihun, mi gandum, dan mi telur.

Bahan basic sup umumnya berbentuk kedelai, ikan, daging sapi, daging unggas, atau sayur. Type sup yang cukuplah popular adalah sup wonton dari China, udon dari Jepang yang menggunakan mi tebal dan ramen yang menggunakan mi tipis digabung miso dan rumput laut.

4. Kaldu
Kaldu adalah cairan yang dibuat dari proses pemasakan daging. Tidak cuma daging, umumnya kaldu dibikin dari tulang.

Di sini, kaldu berlainan dengan ‘stock’ karena proses pemasakannya menggunakan bumbu spesifik sehingga kaya akan perasaan.

Air bersama dengan daging dan tulang dibuat bersama dengan potongan sayur seperti wortel, seledri, dan bawang bombay. Sesudah dibuat kira-kira saat dua jam, kaldu bisa digunakan menjadi kombinasi bermacam sup seperti sup mi, sup miso, serta sup telur.