5 Kebiasaan Yang Memperburuk Bibir Pecah

5 Kebiasaan Yang Memperburuk Bibir Pecah

Berita Lifestyle – Bibir kering tidak kembali dapat dijauhi saat musim hujan. Tidak cuma kering, bibir pun rawan alami pecah-pecah.

Bibir pecah akan berasa menyakitkan. Terkadang, pemakaian lip balm juga tidak dapat menolong. Akhirnya, beberapa orang menyangka lip balm adalah pemicu bibir yang semakin pecah ini.

Akan tetapi, beberapa pakar mengatakan jika asumsi itu cuma mitos. Mereka malah mempersalahkan beberapa rutinitas harian yang membuat bibir pecah-pecah jadi lebih jelek.

Tersebut mencuplik Huffington Post, rutinitas yang membuat bibir pecah-pecah semakin kronis.

1. Menjilati bibir selama waktu
Menjilati bibir saat pecah-pecah bukan jalan keluar. Air liur yang jadi kering dan menguap cuma akan buang kelembaban dan memunculkan perasaan sakit yang lebih lama.

Pakar dermatologi Rachel Nazarian mengatakan jika air liur memiliki kandungan enzim yang membuat efisien mengolah makanan.

“Dengan menjilati bibir, berarti Anda menggunakan enzim pencernaan yang sama pada kulit. Serta itu akan makin membuat bibir kering dan pecah-pecah,” uar Nazarian.

Dibanding menjilati bibir yang kering, Anda lebih baik mengolesinya dengan cream emolien untuk membuat berasa lebih lembut.

2. Bersihkan bibir dengan air panas
Air panas tidak baik untuk mengawasi kulit masih lembap. Dalam kata lainnya, air panas pun tidak dapat digunakan untuk menangani bibir kering.

“Walau air panas berasa enak, tetapi dia dapat keluarkan uap air dari bibir saat menguap,” tutur pakar dermatologi, Claire Chang.

Air panas dimaksud menghilangkan minyak alami yang mengawasi bibir masih lembap. Supaya bibir tidak kering, Chang mereferensikan Anda untuk mencucinya dengan air hangat.

3. Paparan cahaya matahari
Paparan cahaya matahari bisa jadi memperburuk bibir pecah-pecah. Anda direferensikan untuk gemar menggunakan lip balm dengan kandungan SPF, terpenting saat ada dibawah cahaya matahari.

4. Menggunakan lip balm dengan perasaan dan aroma
Pakar dermatologi setuju jika aroma yang umum diketemukan pada lip balm bisa mengiritasi kulit sekaligus juga tingkatkan kekuatan bibir pecah.

Anda lebih baik hindari produk lip balm dengan aroma. Terapkan lip balm dengan kandungan lanolin tiada penambahan perasaan atau aroma untuk menahan penguapan kelembaban bibir.

5. Beberapa bahan yang mengiritasi
Tidak semua lip balm sama. Anda direferensikan untuk hindari pemakaian lip balm dengan kandungan asam salisilat dengan berlebihan.

“Terlalu seringkali menggunakan asam salisilat bisa mengakibatkan iritasi dan makin mengeringkan bibir,” tutur Chang.

Bahan lainnya yang mesti dijauhi adalah mentol atau peppermint yang biasa ditambahkan pada lip balm untuk memberi sensasi dingin dan menentramkan.

Tidak hanya itu, Anda pun direferensikan untuk hindari lip balm dengan kandungan aldehida–senyawa yang memberi perasaan kayu manis–yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit peka.