7 Tips Sederhana Untuk Kurangi Lemak Tubuh

Berita Lifestyle – Keinginan akan badan baik tahun ini semestinya tidak sekedar hanya gagasan semata-mata. Bila usaha bermacam diet sudah tidak berhasil di tahun lalu, kini saatnya dikit merubah taktik.

May Simpkin, pakar gizi yang berbasiskan di London memberi cara-cara ampuh pangkas lemak, diambil dari beberapa sumber.

1. Makan malam lebih awal

Beberapa orang memandang memotong jatah makan /hari dapat memotong lemak juga. Walau sebenarnya orang cukuplah mengendalikan jam makan. Studi tunjukkan jika makan malam lebih awal merubah skema pembakaran karbohidrat dan lemak badan. Ini dapat menolong turunkan berat badan.

Beberapa periset menyimpulkan, makan pada pukul 8 pagi dan 2 siang dibarengi dengan puasa sehari-hari saat 18 jam dapat mengawasi tingkat nafsu makan. Skema ini dinilai lebih baik dibanding makan pada pukul 8 pagi dan 8 malam.

Puasa memberi waktu buat badan untuk betul-betul menggunakan sumber daya yang ada. Proses pencernaan sampai penyerapan nutrisi memakan waktu 4-5 jam. Pertama badan akan mengutamakan karbohidrat menjadi sumber daya. Lalu saat karbohidrat habis, jadi tujuan selanjutnya lemak.

2. Meningkatkan konsumsi protein

Supaya proses metabolisme lancar, jadi badan butuh konsumsi protein yang cukuplah. Periset dari McMaster University temukan jika mereka yang konsumsi makanan tinggi protein semakin banyak kehilangan lemak dibanding mereka yang tidak.

Sumber pangan kaya protein seperti daging, ikan, ayam, telur dan keju. Buat mereka yang vegetarian, konsumsi protein dapat didapat dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Semakin banyak makan makanan pedas

Makanan pedas, ditambah lagi yang memiliki kandungan capsaicin (elemen yang ada pada cabai) dapat dibuktikan dapat tingkatkan metabolisme dan menstimulasi pembakaran lemak. Gampangnya, memberikan cabai dan bahan pedas lainnya dapat menolong membakar lemak.

4. Jauhi alkohol

Alkohol benar-benar tidak mempunyai sumbangan nutrisi untuk badan. Demikian sebaliknya, dia malah memberi kalori dan gula. Alkohol ditambah lagi yang telah dikasih kombinasi akan memberi ‘bahan bakar’ instant untuk badan. Akan tetapi secara cepat bahan bakar ini akan jadi keunggulan lemak bila tidak dibakar.

5. Hindari kalori cair

Minuman manis seperti jadikan musuh bila ingin mempunyai berat badan baik. Kopi instant, juice, minuman soda akan meningkatkan kandungan gula darah dengan cepat sekali. Akhirnya, Anda akan inginkan semakin banyak gula.

Keunggulan gula akan jadi lemak. Alihkan minuman berpemanis dengan infused water atau air putih dengan potongan buah.

6. Tidur cukuplah

Tidur jadi peluang badan untuk melakukan perbaikan diri. Studi pada 2010 oleh University of Chicago temukan jika mereka yang diet dan tidur cukuplah akan alami penurunan berat badan mencolok.

Kurang tidur membuat orang merasa lebih lapar lebih untuk makanan manis.

7. Berolahraga kardio

Untuk pilihan type berolahraga, berolahraga kardio lebih dianjurkan untuk membakar lemak seperti aerobik (untuk intensitas tinggi) atau jalan kaki, bersepeda dan lari (untuk intensitas rendah). Cukuplah 30 menit per session dapat menggerakkan badan membakar zone lemak.