Bahaya Dari penggunaan Ear Candle

Bahaya Dari penggunaan Ear Candle

Berita Kesehatan – Jadi manusia, tentu lumrah bila insting kita yaitu senantiasa menginginkan bersihkan diri. Telinga yaitu salah satu sisi tubuh yang dengan berkala menginginkan selalu kita bersihkan.

Banyak langkah yang kita kenali bisa membantu bersihkan telinga, umpamanya dengan terapi ear candle.

Ear candle yaitu teknik membersihkan telinga dengan memasukkan satu lilin berongga berupa kerucut ke dalam lubang telinga. Lilin nanti akan dibakar serta lalu tersisa gumpalan gosong yang diklaim jadi kotoran telinga kita.

Tetapi banyak pro serta kontra tentang terapi ear candle. dr Alfian F. Hafil, Sp. THT-KL dari Divisi Otologi RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan terapi ini malah semakin banyak bahayanya daripada faedahnya.

” Sesungguhnya, kita tidak perlu bersihkan telinga karna telinga dapat bersihkan sendiri, ” kata dr Alfian pada detikHealth waktu didapati di acara Press Meeting World Hearing Day 2018 di Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018). ” Saya banyak mengatasi kasus ear candle. ”

dr Alfian mengatakan kalau ear candle biasanya memakai lilin yang relatif panas (waktu dibakar), ia temukan beberapa tetesan yang masuk ke telinga dapat melekat di liang telinga.

” Untuk melepas lilin yang telah melekat barusan sungguh susah sekali, ” katanya. ” Saya tidak tahu jenis lilin apa yang mereka gunakan, sepertinya bukanlah lilin yang setiap hari kita gunakan. ”

Bila lelehan lilin itu telah menempel di gendang telinga, umumnya orang akan terasa telinganya jadi pengang atau berdenging. Diluar itu, kata dr Alfian, lelehan lilin itu tidak bisa dilepaskan tanpa bantuan alat mikroskop.

Ia menambahkan, tidak semuanya dokter THT yang berpraktek umum mempunyai alat itu, serta walau dengan mikroskop dr Alfian mengakui masih memerlukan saat yang lama untuk dapat keluarkan lelehan lilin itu.

” Ear candle itu tak ada manfaatnya sekalipun, jadi menimbulkan resiko. Janganlah sekali kali deh gunakan ear candle, ” tegasnya.