Beberapa Hal Sebelum Tidur Yang Dapat Turunkan Berat Badan

Beberapa Hal Sebelum Tidur Yang Dapat Turunkan Berat Badan

Berita Lifestyle – Mengawasi badan dan skema makan untuk turunkan berat badan umumnya dikerjakan saat repot melakukan aktivitas.

Walau sebenarnya semestinya usaha turunkan berat badan mesti masih dikerjakan sampai mendekati tidur.

Tersebut banyak hal yang dapat dikerjakan sebelum tidur untuk jamin keberhasilan penurunan berat badan Anda.

1. Tidur cukuplah

Skema diet seimbang dan kegiatan fisik butuh disertai dengan istirahat cukuplah. Begadang atau kurang tidur cuma akan membuat badan semakin subur.

Julie Upton pakar gizi sekaligus juga salah satunya pendiri Appetite for Health menjelaskan tidur yang kurang akan mengacaukan hormon sehingga timbul depresi, metabolisme terganggu dan perasaan lapar.

“Tiada tidur cukuplah, tingkat hormon lapar atau gralin bertambah dan hormon leptin yang membuat badan merasa kenyang alami penurunan,” kata Upton diambil dari Livestrong (23/1).

2. Minimalisir pemakaian gadget

Netflix, drama Korea, film serial yang lain, dan bermacam game makin merayu penikmatnya dengan serial-serial yang membuat ingin tahu. Bahkan juga seringkali beberapa influencer bagikan rujukan mereka masalah serial favorite dan harus saksikan. Tidak pelak ini membuat waktu istirahat tersita untuk melihat.

Mendekati tidur semestinya minimalisir pemakaian gadget. Berdasar pada studi dari Lighting Research Center di Rensselaer Polytechnic Institute dua jam terpaan sinar pada monitor pada malam hari dapat turunkan kandungan melatonin sampai 23 %.

Walau sebenarnya melatonin berperan menjadi alarm badan untuk tidur. Melatonin rendah menggerakkan resiko obesitas dan diabetes.

3. Yoga

Sebelum bergerak tidur, semestinya depresi karena pekerjaan dibiarkan terlebih dulu. Yoga bisa menolong pikiran dan badan lebih santai. Satu studi pada 2009 temukan yoga dapat tingkatkan kualitas tidur. Studi lainnya juga menyebutkan yoga bisa menolong turunkan berat badan.

4. Makan malam lebih awal

Sampai berat badan baik bukan bermakna kurangi jatah bagian makan. Makan masih 3x satu hari tapi di waktu yang pas. Untuk itu, sebaiknya jauhi makan malam terlalu larut.

Satu studi merekomendasikan untuk makan malam lebih awal dan dalam bagian tidak besar. Sekresi insulin sangat efisien berlangsung saat pagi. Insulin berguna unutk menyerap gula darah dan dikonversi jadi daya dan lemak.

Sekresi insulin tidak begitu efisien saat malam. Makan larut dan dalam bagian besar cuma akan membuat badan semakin gemuk.

5. Cemilan berprotein tinggi

Kadang perut masih meminta di isi walau telah memakan makan malam. Tidak ada kelirunya memakan cemilan asal cemilan dengan kandungan protein tinggi. Cemilan dibawah 150 kalori tidak akan membuat badan semakin gemuk. Malah cemilan berprotein mempunyai faedah untuk sintesis protein otot.

6. Pilih kegiatan untuk stimulasi otak

Perasaan jemu karena serial yang dilihat berulang membuat orang cepat-cepat mencari cemilan tidak sehat. Perasaan jemu, menurut satu studi, terkait dengan keinginan untuk makan makanan tidak sehat.

Jagalah otak masih aktif bukan dengan mencari judul serial lainnya di Netflix tapi dengan membaca buku, menulis diary, atau mandi sekalian dengarkan podcast.

7. Jauhi alkohol

Alkohol kadang dipandang obat manjur supaya tidur bertambah cepat dan pulas. Asumsi ini benar-benar tidak benar. Upton berkata alkohol bisa mengakibatkan kerusakan siklus tidur dan menstimulasi nafsu makan.

8. Tidur dalam suhu dingin

Tidak ada yang bertambah nyaman tidur berselimut tebal pada malam yang dingin. Akan tetapi satu studi menyebutkan sebaiknya jagalah suhu supaya masih dingin sehingga berat badan dapat turun.

Pada 2014 periset dari Maastricht University Medical Center, Belanda temukan mereka yang terkena hawa dingin saat tidur lebih gampang kehilangan berat badan. Simpatisan yang tidur dengan suhu lebih rendah diketemukan ada penambahan lemak cokelat atau brown fat.

Brown fat berperan untuk membakar kalori untuk menghasilkan panas badan. Makin banyak brown fat jadi berat badan akan menyusut.