Beberapa Tips untuk Berhasil Mengelola Usaha Sampingan

Beberapa Tips untuk Berhasil Mengelola Usaha Sampingan

Berita Bisnis – Anda ingin meningkatkan pendapatan dengan usaha sambilan? Pasti ini kemauan begitu mulia. Akan tetapi mempunyai usaha sambilan tidak segampang Anda pikirkan.

Ada beberapa langkah yang butuh Anda kerjakan supaya usaha sambilan Anda awet serta sukses. Banyak usaha besar yang semula berawal dari usaha sambilan. Bahkan juga, banyak orang yang pada akhirnya akan memutus konsentrasi mengatur usaha yang semula berbentuk sambilan semata-mata.

Di masa internet seperti sekarang ini, hampir kebanyakan orang dapat menggerakkan usaha sambilan dengan gampang. Banyak tersedia pekerjaan baru yang dapat ditempuh dengan gampang. Ucap saja layanan membuat web serta design, mengurus media social, serta sampai jadi spesialis blogger.

Pasti Anda ingin supaya usaha sambilan itu betul-betul menghadirkan pendapatan penambahan, bukan semata-mata meningkatkan aktivitas. Aplikasikan beberapa strategi penting di bawah ini, seperti diambil dari website perbandingan serta mengajukan produk keuangan HaloMoney. co. id.

1. Pisahkah rekening

Banyak usaha sambilan yang pada akhirnya gulung tikar karena uang untuk usaha sambilan dipakai menjadi uang pribadi karena mereka tidak memisahkan kedua nya.

Jadi saat ini, tetap pisahkan rekening untuk usaha sambilan dengan rekening tabungan pribadi. Lantas apa kita tidak dapat nikmati dari hasil usaha sambilan itu? Tentunya dapat.

Coba pakai rasio 50 : 25 : 25 dalam usaha sambilan. Jadi contohnya, omzet usaha Anda per bulan dapat sampai Rp5 juta, jadi perhitungannya seperti berikut :

– Rp5 juta x 50 % = Rp2, 5 juta untuk dana rotasi usaha sambilan.
– Rp5 juta x 25 % = Rp1, 25 juta untuk dana penambahan modal usaha sambilan.
– Rp5 juta x 25 % = Rp1, 25 juta untuk menggaji dirimu.

Dana berikut yang meningkatkan uang jajan Anda atau sebatas menolong Anda menambal keperluan basic keseharian seperti beli bensin.

2. Kerjakan perhitungan tiap-tiap bulan

Selain memisahkan pada uang usaha serta uang pribadi, tidak lakukan perhitungan tiap-tiap bulan dapat juga membuat usaha sampinganmu tidak berjalan. Tidak butuh membuat perhitungan yang susah, cukuplah tulis perhitungan modal usaha, hasil penjualan sehari-hari, serta biaya operasional.

Dengan demikian Anda dapat tahu sejauh mana usaha sampinganmu berjalan serta bagaimana rotasi dananya. Anda dapat juga tahu apa usaha sambilan Anda masih tetap sesuai dengan tujuan ataukah tidak? Anda dapat mengatur taktik dengan hasil perhitungan itu.

3. Targetkan penjualan tiap-tiap hari

Setelah itu tetap memberi tujuan penjualan sehari-hari. Hal seperti ini dapat membuat Anda jadi lebih semangat untuk melakukan usaha sambilan.

Contohnya, dalam sehari Anda membidik 2-3 orang pelanggan, jadi dalam 1 bulan (30 hari x 2 orang) Anda dapat menggandeng pelanggan sampai 60 orang. Dengan demikian, Anda dapat membuat perhitungan dengan kasar berapakah jumlahnya uang yang dapat Anda dapatkan per bulan dengan melakukan usaha sambilan ini.

4. Tetap aktif pasarkan

Agar bisa penuhi tujuan, janganlah lupa selalu untuk aktif pasarkan, terpenting di media sosial, baik itu lewat Twitter, Facebook, Instagram, Path, atau lewat website pribadi. Selenggarakan potongan harga tiap-tiap satu minggu sekali serta tentukan harinya.

Contohnya saja, di hari Jumat Anda akan memberi potongan harga 10 % atau promosi buy 1 get 1. Dengan demikian ketertarikan penduduk jadi lebih makin bertambah. Buat posting di media sosial semenarik mungkin saja supaya bisa menggandeng pelanggan baru.

5. Pinjam modal untuk meningkatkan usaha sampingan

Walau namanya usaha sambilan, tetapi bukan bermakna Anda tidak mau usahamu maju serta berkembang. Kalaupun usaha sambilan telah berjalan beberapa bulan serta prospeknya lumayan bagus, janganlah sangsi untuk meminjam modal untuk meningkatkan usaha sambilan.

Ambillah utang Credit Usaha Rakyat (KUR) atau Credit Tanpa Jaminan (KTA). Spesial produk KTA, Anda dapat memakai feature perbandingan dari HaloMoney. co. id, sekaligus juga ajukan KTA yang sama dengan keperluan Anda.

Janganlah lupa untuk lakukan simulasi utang terlebih dulu dengan mengkalkulasi dengan jeli serta cermat supaya nanti hutang usaha sambilan dapat terbayar lunas.