Begini Caranya Mengelola THR Dengan Baik

Begini Caranya Mengelola THR Dengan Baik

Berita Bisnis – Beberapa karyawan umumnya memperoleh tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau pemberi kerja mendekati hari raya Idul Fitri. Namun, beberapa orang masih tetap relatif salah dalam memakai THR.

Orang-orang relatif menggunakan semua dana THR untuk kepentingan hari raya. Walau sebenarnya, semestinya dana THR mesti dikelola dengan bijak supaya bisa digunakan untuk penuhi keperluan hari raya supaya tidak mengganggu keperluan bulanan.

Head of Wealth Management & Digital Retail Business Bank Commonwealth, Ivan Jaya memberi panduan mengelola THR dengan bijak. Hal pertama yang perlu dikerjakan yaitu buat biaya serta taraf prioritas.

Menurut Ivan, baiknya dana THR yang dipakai untuk kepentingan hari raya tidak di habiskan semuanya. Dianjurkan sekitaran 20-50 % dana THR dapat ditabung atau diinvestasikan.

“Dalam pengelolaan THR, keperluan untuk hari raya mesti diutamakan, seperti pembayaran zakat serta keperluan kebiasaan mudik. Namun, janganlah di habiskan semua, ” kata Ivan diambil dari info resminya, Rabu 23 Mei 2018.

Menurut Ivan, sisa dana THR dapat juga digunakan untuk membayar utang serta ditabung. Tabungan ini dapat dipakai untuk keperluan pengeluaran tahunan seperti pembayaran Pajak Bumi serta Bangunan, pajak kendaraan, atau qurban.

“Atau dana THR ini juga dapat diinvestasikan serta janganlah di ambil untuk keperluan masa depan, ” tutur Ivan memberikan.

Ivan merekomendasikan supaya orang-orang mulai punya kebiasaan untuk menyisihkan dana investasi untuk mempunyai masa depan yang aman. Hingga bila terima dana bonus tidak serta-merta berhasrat untuk beli keperluan konsumtif yang sifatnya cuma untuk kenikmatan diri sementara.

Lalu, sebisa-bisanya pendapatan tahunan dipakai untuk pengeluaran tahunan serta pendapatan bulanan untuk pengeluaran bulanan. Baiknya, jumlah yang diinvestasikan yaitu 50 % dari dana THR. ” Saat ini investasi tak akan memerlukan uang yang banyak. Dengan Rp100 ribu, kita dapat berinvestasi di reksa dana. “