Bendung Karet Dibangun untuk Menghindari Terjadinya Rob

Berita Bisnis – Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengevaluasi pembuatan proyek Bendung Karet Kali Perawan yang ada di Desa Kertawinangun Indramayu, Jawa Barat.

Pembangunan bendung ini, diperuntukkan untuk lokasi permukiman serta tempat pertanian di Pantai Utara Indramayu yang sering alami banjir karena pasang-surut serta intrusi air laut yang sebabkan air jadi payau dan tidak wajar untuk dikonsumsi atau untuk mengairi tempat persawahan.

Basuki menjelaskan kedatangan bendung karet akan kurangi resiko banjir di tiga desa seluas 380 hektare yaitu Desa Kertawinangun, Desa Ilir serta Desa Soge.

Selain menangani banjir serta intrusi air laut, lanjut Basuki pembangunan Bendung Karet yang dikerjakan Balai Besar Lokasi Sungai (BBWS) Citarum, Ditjen Sumber Daya Air berperan menjadi area untuk menyimpan air.

“Pembangunan bendung tidak memerlukan pembebasan tempat sebab memakai badan sungainya sendiri. Design serta konstruksinya lebih simpel di banding pembangunan bendungan,” katanya di Indramayu, Kamis 8 November 2018.

Basuki mengutarakan, untuk pembangunan bendung ini sendiri pihaknya sudah menganggarkan seputar Rp67,4 miliar dari biaya Kementerian PUPR tahun biaya 2018.

Mengenai untuk tehnik operasi bendung itu, Basuki menuturkan jika waktu musim kemarau, pintu bendung akan ditutup hingga dapat menyimpan air lebih dari satu juta meter kubik.

Sesaat pada musim hujan, pintu bendung akan ditutup sampai ketinggian air sampai elevasi 1,9 meter, yang lalu disalurkan ke laut dengan kemampuan 255,18 m3/detik.

Dengan begitu, debet air sungai itu bisa dipakai untuk mengairi daerah irigasi seluas 2.307 hektare serta bisa menolong penambahan jumlahnya panen dari 2x jadi 3x panen dalam setahun.

Selain itu, bendung karet ini pula digunakan untuk mengairi daerah perikanan air tawar seluas 200 hektare. Untuk mengakomodir keperluan beberapa petani garam, akan dibikin aliran khusus menyalurkan air laut ke tambak-tambak garam selama satu kilometer.