Cara Mudah Atasi Masalah Kulit Pada Anak Muda

Cara Mudah Atasi Masalah Kulit Pada Anak Muda

Berita Lifestyle – Anak muda usia di bawah 25 tahun merupakan kelompok usia yang tengah mengalami perubahan hormonal. Tak heran bila pada masa ini, banyak terjadi masalah pada kulit wajah.

Menurut peneliti ilmiah dan penasehat dermatologis, Jenny Lee, R&D Research Scientist II, Amway Asia Beauty Innovation Center, ada empat faktor utama kulit yang berkontribusi terhadap timbulnya jerawat. Yakni produksi minyak berlebih (dipicu faktor hormonal), sel kulit mati, proliferasi bakteri, inflamasi seperti bintik hitam (hiperpigmentasi), bengkak, gatal atau kemerahan.

Beberapa kebiasaan mereka yang memengaruhi masalah kulit adalah senang bereksperimen dengan make-up dan perawatan wajah, sering berganti merek dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Agar kesehatan kulit terjaga, dibutuhkan perawatan kulit yang benar, terutama karena ritual membersihkan wajah lebih dari sekadar mencucinya. Kulit yang terkena kotoran, make-up, keringat dan polutan dari lingkungan sekitar harus dibersihkan setiap hari dengan menggunakan pembersih yang lembut.

Kandungan ekstrak dari bahan alami terbukti ampuh untuk mengontrol minyak berlebih seperti kandungan Aloe Vera dan Chamomile pada semua formula produk, Meadowsweet dan Witch Hazel plus Zinc PCA yang memberikan hasil terbaik untuk mengontrol minyak.

“Anak muda usia di bawah 25 tahun sebaiknya menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit. Misalkan untuk kulit berminyak, pastikan pada produk tertera ‘non-comedogenic’. Sementara untuk kulit kombinasi akan lebih nyaman menggunakan produk dengan tekstur lotion atau gel. Bagi pemilik kulit sensitif bisa menggunakan produk yang tertera ‘cocok untuk kulit sensitif’ dan ‘allergy-tested’,” kata Jenny Lee dikutip dari rilis Amway Essentials by ArtistryTM.

Pernyataan Jenny Lee ini didukung oleh riset yang dilakukan Amway terhadap lebih dari 5000 responden dengan membandingkan jenis kulit dan usia. Ditemukan bahwa kulit usia muda di bawah 25 tahun memiliki problem kulit wajah yang cukup tinggi, antara lain berminyak, berpori besar dan berjerawat yang disebabkan faktor hormonal, stres maupun diet, di samping karena faktor produksi minyak yang berlebih, penuaan dini, sel kulit mati, serta inflamasi.

Menurut Jenny, kulit berminyak bukan berarti harus menghindari pelembap. Semua jenis kulit membutuhkan air, bahkan jenis kulit berminyak, karena fungsi pelembap adalah menyeimbangkan kadar air dan minyak. Tapi sebaiknya gunakanlah pelembap yang bebas minyak dan bertekstur ringan.

“Pelembap yang digunakan sebaiknya juga mengandung antioksidan. Kontributor paling signifikan penuaan kulit adalah proses oksidasi. Oksidasi terjadi ketika molekul bermuatan listrik yang disebut radikal bebas menyerang sel sehat, mengganggu struktur dan fungsi vitalnya. Kulit juga bisa rusak akibat oksidasi, mengakibatkan garis-garis halus, kusam dan warna kulit tidak merata. Anti oksidan melawan radikal bebas, dengan menetralisirnya,” tuturnya.