Dirjen Listrik Sedih Lantaran Anggarannya Turun Terus

Berita Bisnis – Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Daya serta Sumber Daya Mineral (ESDM) memperoleh alokasi biaya yang selalu alami penurunan tiap-tiap tahun. Pada tahun 2018 anggarannya turun seputar Rp19 miliar dari 2017, yakni dari Rp160,7 miliar jadi Rp141,2 miliar.

Dirjen Ketenagalistrikan, Andy Noorsaman Sommeng menuturkan, untuk tahun ini, biaya direktoratnya turun juga jadi Rp97,5 miliar.

“APBN kita dari tahun ke tahun turun. Tahun ini turun kembali,” kata Sommeng di kantornya, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.

Akan tetapi, kata Sommeng, jajarannya dapat lakukan perform yang baik walau biaya selalu di turunkan. Hal tersebut disaksikan dari capaian yang dicapai pada tahun 2018.

“Tetapi kita lihat, uang kita turun tetapi performnya makin baik, masih terbangun sebab jujur dan berkarakter kuat dari rekan-rekan di sini mengawasi performance lebih baik,” tuturnya.

Dia menjelaskan, biaya yang dapat dihemat itu karena terdapatnya pekerjaan proyek yang dulu dikerjakan Ditjen Ketenagalistrikan diserahkan pada operator. Contohnya pembangunan tiang listrik sampai Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Jadi pekerjaan proyek kami berikan pada operator. Kami tak akan bangun tiang listrik, atau PJU,” tuturnya.

Dia mengutarakan, resapan biaya Ditjen Ketenagalistrikan pada tahun 2018 sampai 91,75 %. Penyerapan biaya tidak sampai 100 % dimaksud sebab ada biaya berbelanja yang perlu dikembalikan ke kas negara.

“Sebab dulu itu kita tetap mempersiapkan tukin (tunjangan kapasitas). Itu ada SK Menteri Keuangan. Nah, pada saat itu diinginkan dapat 100 %, nyatanya belumlah dapat 100 % tetapi 80 %. Bukan sebab kapasitas sebab ada biaya yang kita belanjakan yang kita kembalikan,” katanya.