Earphone Dapat Menyebabkan Telinga Jadi Tuli

Berita Kesehatan – Remaja relatif larut dalam dunianya sendiri. Salah satu hal yang mereka perlihatkan untuk menunjukkan itu yaitu kegemaran mereka memakai earphone dalam bermacam kesempatan.

Earphone Dapat Menyebabkan Telinga Jadi Tuli

Walau sebenarnya ada dampak yang tidak dapat disepelekan dari rutinitas terlalu lama menggunakan earphone. Seperti halnya disibakkan pakar audiologi dari AS, William Shapiro.

Dalam video yang diupload Business Insider, Shapiro mengungkap generasi muda yaitu mereka yang paling berisiko alami ketulian karena earphone ini, yaitu setiap satu dari lima remaja.

Sayangnya banyak yg tidak yakin bila earphone dapat menyebabkan ketulian. Ia lalu menerangkan bagaimana hal semacam ini dapat berlangsung.

Menurut staf pengajar di New York University Langone itu, didalam semasing telinga ada satu struktur yang disebut koklea, fungsinya terima suara dalam bentuk vibrasi atau getaran.

Koklea ini sendiri terdiri atas 15. 000 sel rambut yang berperan perlu dalam mendeteksi getaran suara. Tetapi sel-sel ini sangat halus serta rapuh.

” Semakin dekat earphone ini dengan gendang telinga, semakin tinggi desakan suaranya. Berikut yang kemudian buat beberapa sel rambut pada koklea tadi ‘stres’ serta lama-lama dapat menyebabkan rusaknya pada beberapa sel itu, ” terangnya.

Persoalannya, beberapa sel rambut ini tidak beregenerasi, hingga apabila terjadi rusaknya jadi ini sifatnya permanen. ” Padahal umumnya polusi nada itu datang dari earphone, ” tambahnya

Berkaitan pemakaian earphone yang aman, dr Damayanti Soetjipto, SpTHT-KL sempat membagikan rumus 60 per 60. Apa itu?

” Jadi volumenya maksimal 60 untuk kiri serta kanan. Serta ingat, batas maksimal dengarkan musik lewat earphone itu satu jam /hari, ” papar dr Dama.

Kedua, jauhi pemakaian earphone untuk mendengarkan musik sebelum tidur. ” Bila tidur kan otak istirahat, tapi gendang telinga serta sel rambutnya terpapar nada keras terus-menerus dari earphone. Lama-lama kelak sel rambutnya dapat rontok serta akhirnya alami masalah pendengaran, ” tandasnya.