Garuda serta Citilink Tidak Alami Gangguan Soal Tragedi Lion Air

Garuda serta Citilink Tidak Alami Gangguan Soal Tragedi Lion Air

Berita Bisnis – Saat insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, keyakinan konsumen pada service penerbangan Indonesia masih tetap cukuplah tinggi. Walau usaha Lion Air mulai alami penurunan, untuk maskapai penerbangan lain pesanan penerbangannya masih tetap normal.

Sekretaris Perusahaan Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengutarakan, selama ini tidak ada penurunan penumpang dalam service penerbangan di Garuda Indonesia. Semua pesanan berjalan dengan normal.

“Pada umumnya sich normal saja. Tidak ada kenaikan berarti atau penurunan. Normal saja,” kata Ikhsan.

Dia juga menjelaskan, semenjak awal tahun sampai kuartal III-2018 tingkat keterisian penumpang atau load factor Garuda Indonesia condong lebih baik. Perihal ini disumbang oleh penerbangan ke beberapa tujuan wisata di Indonesia yang bertambah seperti ke Bali.

Selain itu, penerbangan non tradisionil seperti ke Yogyakarta sampai Semarang ikut bertambah. “Load factor tahun lantas 74 %, jika tahun ini sampai kuartal III-2018 itu lebih baik, tetapi angkanya mesti saya cek dahulu,” tuturnya.

Berkaitan anak usaha Garuda Indonesia di bidang maskapai berbiaya irit (Low Biaya Carrier/LCC), Citilink Indonesia, kira-kira membukukan kapasitas yang sama semenjak awal tahun. Pada umumnya, usaha service penerbangan Garuda Indonesia serta Citilink tidak terganggu oleh insiden kecelakaan Lion Air.

“Citilink ikut trennya semacam itu,” papar Ikhsan.