Google Hapus Tombol Melihat Gambar Untuk Cegah Pencurian Foto

Google Hapus Tombol Melihat Gambar Untuk Cegah Pencurian Foto

Berita Teknologi – Google mengubah pada Google Images untuk menghimpit pencurian foto dari hasil pencarian. Pengumuman perubahan itu di sampaikan perusahaan digital raksasa itu di akun Twitternya, Jumat 16 Februari 2018. Perubahan itu ditujukan untuk menghindar pencurian atau pelanggan hak cipta foto yang dipertunjukkan di Google Images.

Dalam perubahannya, Google menginformasikan mereka menghapus tombol ‘view image’ dari halaman pencarian gambar. Langkah ini dalam rencana menghimpit pelanggaran hak cipta gambar yang dipertunjukkan Google.

Sebelumnya dengan mengklik ‘view image’, pemakai, fotografer atau penerbit dapat terhubung gambar yang disebut versi resolusi tinggi tanpa ada berkunjung ke website sumber gambar itu.

Diambil dari Mashable, walau tombol ‘view image’ dihapus, pemakai masih tetap dapat lihat foto incaran dengan berkunjung ke sumber yang menghadirkan gambar itu. Masih tetap ada tombol ‘visit’, yang sangat mungkin pemakai dapat lihat lebih detil gambar yang dikehendaki.

Penghilangan tombol ‘view image’ itu dikerjakan sesudah Google merajut kemitraan global th. jamak dengan Getty Images.

Pada 2016, Getty Images memajukan komplain ke Google karna Google dituding mempraktikkan antikompetisi dalam Google Images. Getty menuduh Google mendistorsi hasil pencarian dengan mengutamakan layanan gambar kepunyaannya, hingga mempersempit pemakai untuk terhubung gambar di Getty Images.

” Karna mengkonsumsi gambar (di Google Images) dikerjakan saat itu juga, jadi demikian gambar dipertunjukkan dalam resolusi tinggi serta besar, cuma ada sedikit yang lihat gambar di website aslinya, ” catat Getty dalam pernyataannya.