Berita Teknologi – Dalam arena Consumer Electronics Show 2018 (CES) yang berjalan 9-12 Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, Honda menunjukkan beberapa kendaraan robot paling barunya.

Honda memperkenalkan peranan serta desain robot dan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diperkembang dengan rencana 3E (Empower, Experience, Empathy). Prinsip 3E ini jadi konsentrasi paling utama Honda yakni robotika, mobilitas serta manajemen daya.

” Kami sudah masuk masa dimana robot juga akan jadi esensial di sehari-harinya kita, serta robot mempunyai kekuatan untuk tingkatkan kualitas hidup manusia, ” kata President & CEO Honda R&D Yoshiyuki Matsumoto, Kamis (11/1/2018).

” Empower “, mencerminkan satu rencana dimana robot serta manusia bisa bekerja bersama dengan menguatkan keunggulan masing-masing. Honda mendemonstrasikan inspirasi ini lewat 3E-D18, satu robot otonom dengan teknologi AI yang diperlengkapi dengan drivetrain bertenaga listrik serta bisa menolong beragam kesibukan manusia, seperti Search and Rescue (SAR), pemadam kebakaran, konstruksi, agrikultur, serta pekerjaan rumah tangga. Ada pula 3E-B18 yang dapat dipakai jadi kereta barang.

Robot dengan rencana “Experience” melukiskan satu keadaan dimana manusia serta robot bisa bertumbuh dengan lewat hubungan satu sama lain. Rencana ini didemonstrasikan dalam robot 3E-C18, satu robot elektrik memiliki ukuran kecil yang di buat jadi basis mobil yang beri dukungan kesibukan manusia.

Robot ini telah diperlengkapi AI yang dapat mengobservasi bagaimana beberapa orang berhubungan, dan beroperasi dengan otonom. Sedangkan basis yang berupa kereta bisa berperan jadi pembawa barang, yang diperlengkapi satu kanopi serta mempunyai fungsi setir.

Rencana dimana robot bisa mempunyai empati waktu lakukan aktivitas dengan manusia. Untuk wujudkan rencana ini, Honda mendemonstrasikan robot 3E-A18 yang sudah memakai AI agar bisa jadi pemandu di sebagian tempat seperti bandara serta pusat perbelanjaan.