Kebanyakan Gula Dapat Memicu Anak Berperilaku Buruk

Kebanyakan Gula Dapat Memicu Anak Berperilaku Buruk

Berita Lifestyle – Konsumsi gula yang terlalu berlebih nyatanya tidak hanya beresiko membuat seseorang alami diabetes.

Menurut riset, anak-anak yang konsumsi terlalu banyak gula akan mempunyai tingkah laku yang jelek. Anak-anak yang konsumsi banyak gula condong jadi brutal, minum alkohol, dan jadi perokok.

Riset ikut temukan cenderung ini akan berlangsung pada anak berumur 11-15 tahun.

Riset yang dikerjakan oleh Bar Ilan University di Israel pada 137.284 anak umur 11, 13, atau 15 tahun dan hidup di 25 negara Eropa atau Kanada. Mereka memperbandingkan kandungan gula yang dikonsumsi anak dengan berapa banyak keterlibatan mereka pada perkelahian, bullying, merokok, sampai mabuk. Akhirnya beberapa periset temukan jalinan diantara kedua-duanya.

Berdasarkan riset, anak-anak umur tersebut hampir 3,5 kali condong jadi pengganggu (bullying) bila konsumsi banyak permen dan minuman tambah energi yang tinggi gula.

“Sebab minuman bergula ikut seringkali memiliki kandungan banyak zat adiktif, termasuk juga cafein, termasuk juga gula yang digabungkan dengan zat-zat adiktif yang terdapat pada minuman mudah ikut jadi prediktor yang kuat atau berkelanjutan,” pungkas mereka.

Tidak hanya itu, riset lainnya ikut mengutarakan jika konsumsi kandungan gula yang tinggi anak membuat anak punya potensi 2x lipat ikut serta perkelahian. Seputar 95 % yang lain jadi pemabuk.

Riset lainnya di Inggris mengatakan jika anak-anak yang konsumsi banyak permen, cokelat, dan minuman tambah energi itu 89 % condong merokok dan 72 % condong minum alkohol. Mereka ikut 2,13 kali condong ikut serta perkelahian dan mempunyai kesempatan 69 % tambah tinggi jadi penganggu.

Mencuplik Pada, periset mengatakan jika minuman tambah energi pada anak-anak akan berpengaruh lebih jelek di banding anak-anak yang konsumsi cokelat atau permen. Pasalnya, tidak hanya gula, minuman tambah energi ikut memiliki kandungan cafein.

Akan tetapi berapakah kandungan gula terlarang untuk anak-anak? Riset tersebut tidak mengatakan dengan jelas. Akan tetapi berdasar pada data referensi dari National Health Service (NHS) miliki acuannya.

NHS menyebutkan anak-anak umur diatas 11 tahun tidak konsumsi lebih dari 30 gr gula penambahan /hari akan tetapi, ada makanan dengan kandungan gula tinggi, seperti pada minuman karbonasi (35 gr) dan cokelat bar (33 gr).

Sesaat itu, untuk anak umur 4-6 tahun disarankan tidak konsumsi lebih dari 19 gr gula /hari.