Manfaat Menanam Serai Di Halaman Rumah

Manfaat Menanam Serai Di Halaman Rumah

Berita Lifestyle – Wabah DBD merebak di beberapa lokasi di Indonesia termasuk juga DKI Jakarta. Per 27 Januari 2019, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat jumlahnya masalah DBD sekitar 613 masalah.

Anda pantas siaga karena musim hujan memunculkan banyak genangan dan punya potensi jadi sarang nyamuk. Akan tetapi ada langkah alami untuk membuat perlindungan rumah dan keluarga dari nyamuk yaitu dengan menanam serai.

Serai umum digunakan menjadi pelengkap bermacam masakan. Tanaman ini juga dapat digunakan menjadi pengusir nyamuk.

Nyamuk tidak suka pada aroma serai. Diambil dari beberapa sumber, serai memiliki kandungan minyak citronella dan aroma musk. Tanaman dengan nama Latin Cymbopogon citratus ini termasuk juga gampang ditanam. Tidak membutuhkan perawatan spesial, serai cuma butuh tanah yang tidak begitu basah dan banyak disirami cahaya matahari.

Oleh karena itu pas bila menempatkan pot tanaman serai di muka rumah. Akan tetapi, memang langkah sangat efisien adalah menggosokannya daun serai pada kulit supaya minyak citronella lepas.

Satu studi yang diedarkan di Phytomedicine menyebutkan minyak serai miliki manfaat yang sama dengan obat nyamuk di market.

Studi tersebut temukan jika eekor burung yang terjerat di kawanan nyamuk kelaparan saat dua hari alami penurunan ‘serangan’ nyamuk sebesar 50 % dengan minyak serai. Minyak serai bisa menghindari burung dari nyamuk saat sekitar tiga jam.

Minyak serai akan makin efisien bila digabungkan dengan tanaman lainnya seperti cengkih, basil, rosemary dan lavender. Deret tanaman ini memang type tanaman yang termasuk juga insektisida alami.