Mengukus Sayuran Agar Nutrisi Tidak Hilang

Mengukus Sayuran Agar Nutrisi Tidak Hilang

Berita Lifestyle – Sayuran bisa dikonsumsi dengan bermacam langkah, salah satunya cara yang sering dikerjakan supaya sayuran dapat dilumat dengan gampang adalah merebus. Tehnik merebus digunakan untuk menghaluskan struktur tiada repot.

Akan tetapi tiada diakui, merebus sayuran malah dapat ‘membawa lari’ nutrisinya dengan air.

Mencuplik NDTV Food, salah satunya sayuran contoh bayam mempunyai vitamin larut air sehingga merebusnya cuma akan menghilangkan nutrisi.

Untuk itu, langkah yang pas untuk mendapatkan sayuran dengan struktur lembut tapi nutrisi tidak banyak hilang adalah dengan mengukus.

The Kitchn memberi dua kunci dalam mengukus sayuran yaitu, ukuran dan waktu.

Sebelum mengukus yakinkan sayuran yang akan dikukus dipotong-potong dalam ukuran yang kira-kira sama. Maksudnya supaya sayuran bisa masak dalam tempo bertepatan.

Sebetulnya Anda dapat mencampurkan beberapa macam sayuran jadi satu. Akan tetapi butuh dilihat type sayuran yang lebih tipis atau sejak dari awal memang teksturnya tidak begitu keras perumpamaannya, brokoli akan bertambah cepat empuk dibanding wortel.

Mengukus sayuran juga tidak membutuhkan waktu lama, karena ada sayuran yang cuma membutuhkan waktu kukus tiga menit. Akan tetapi ada juga sayuran yang keras sehingga butuh waktu lebih lama.

Perumpamaannya bayam dan kacang polong biasa membutuhkan waktu tiga menit. Sedangkan Brokoli, kembang kol, dan kacang panjang sekitar 5-7 menit. Wortel, kentang, lobak dan labu memiliki tekstur keras sehingga butuh waktu 8-20 menit.

Mengukus sayuran supaya lebih lezat saat dikonsumsi

Sayuran rebus lebih nikmat dikonsumsi pada saat hangat. Akan tetapi sayuran akan lebih nikmat kembali bila ada ‘bumbu rahasia’ penambahan.

1. Rempah

Daun parsley, thyme atau dill akan makin membuat sayuran mempunyai aroma yang menyenangkan. Cukuplah cincang daun dan taburkan diatas sayuran yang telah masak.

Untuk rempah ala Indonesia, Anda dapat menggunakan bawang putih atau jahe. Jahe pas dipotong-potong lalu ditempatkan dibawah sayuran saat proses pengukusan. Sedangkan bawang putih pas digunakan untuk bumbu tumis sayuran.

2. Minyak zaitun

Sayuran kukus juga bisa jadi diolesi salah satunya type minyak zaitun untuk meningkatkan citarasa.

3. Serba asam

Lemon akan berjodoh untuk type sayuran seperti brokoli, kacang panjang dan lobak. Cukuplah parut kulit lemon atau potongan lemon sebelum pengukusan. Perasan lemon juga dapat ditambahkan pada air rebusan.

Untuk sayuran dengan perasaan manis seperti kentang dan wortel, anggur merah atau cuka akan lebih keluarkan perasaan manis mereka. Untuk itu, campur sebelum proses pengukusan.