Menurut Honda ABS Belum Bisa Di Semua Motor

Menurut Honda ABS Belum Bisa Di Semua Motor

Berita Otomotif – Fitur keselamatan bernama antilock braking sistem (ABS) terakhir disebut-sebut akan digenjot penggunaannya di Tanah Air untuk sepeda motor.

Berdasar sebagian riset, feature pengereman itu bisa menahan resiko kecelakaan sepeda motor sampai 27 persen. Oleh karenanya, Kementerian Perhubungan merencanakan mengaplikasikan ABS untuk semua type motor yang dijual di Indonesia.

ABS sendiri berperan untuk menahan motor tergelincir, waktu lakukan pengereman mendadak. Akan tetapi Honda miliki pandangan sendiri. Menurut pabrikan asal Jepang itu, pemakaian ABS tidak dapat dipukul rata pada semua type sepeda motor.

Perihal ini disampaikan Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya pada VIVA, sekian waktu lalu, di Kemayoran, Jakarta.

“Di kita, terutamanya di Indonesia, jika kita lihat masalah ABS, motor ini kan digunakan masih tetap di jalan raya, bukan jalan tol. Kemudian, kondisi lalu lintas ada banyak ditemukan kemacetan, jadi stop and go cukuplah banyak. Jadi, saya duga belumlah terlalu merubah,” tuturnya.

Sekarang ini, Honda menjelaskan, dari bagian keamanan mereka sudah mempunyai feature CBS serta ISS. Tehnologi itu jadi beberapa andalan mereka untuk feature safety.

“Nah, jika masuk ke fragmen lebih premium serta penggunaannya katakanlah di jalan bebas kendala, ABS itu baru dapat dipakai. Karena itu, ABS cuma dibekali pada produk premium,” kata dia.