Metode Penting Untuk Merawat Dan Menjaga Kulit Bayi

Metode Penting Untuk Merawat Dan Menjaga Kulit Bayi

Berita Kesehatan – Salah satu yang perlu jadi perhatian dalam perawatan bayi ialah perawatan kulitnya. Walau sebetulnya tidak susah, beberapa orang tua yang seringkali membuat kekeliruan sederhana, yang selanjutnya bisa berefek besar pada kesehatan kulit bayi.

Ketua Grup Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), Srie Prihianti mengatakan perawatan kulit bayi memerlukan dua langkah penting, yakni bersihkan serta melembabkan. “Ada pasien yang menanyakan kok bayi butuh pelembab kan kulitnya masih bagus? Walau sebenarnya setiap setelah mandi, bayi mesti diberikan pelembab untuk menjaga hidrasi kulit,” tutur Srie, di Jakarta, Senin 5 November 2018.

Perawatan kulit bayi benar-benar penting untuk menjaga fungsi penting kulit, memperoleh kulit yang sehat, dan mencegah atau mengurangi iritasi atau alergi. Mandi dan keramas butuh
dilakukan 1-2 kali sehari dengan suhu air mandi yang hangat. Lantas, 3-5 menit sesudah mandi dan sebelum menggunakan pakaian, bayi perlu diberikan pelembab.

Srie Prihianti mengimbuhkan untuk menentukan pelembap yang baik, pilih yang mempunyai
kandungan oklusif, humektan, dan emolien. “Paling bagus ialah untuk menggunakan pelembab dengan tiga perihal ini, tetapi mereka memang susah untuk diperoleh,” katanya.

Pelembab perlu diberikan beberapa menit sesudah mandi karena lebih efektif diserap kulit.
“Kalau pelembab diberikan pada kulit kering, efektivitasnya menjadi turun,” lanjut Dr. Srie
Prihianti. Jika kulit bayi ada yang kering sebelum mandi, berikan air tanpa sabun, lantas
terapkan pelembab yang memiliki kandungan skin barrier repair, untuk menjaga kulit bayi tetap halus.