Penyebab Stres Membuat Orang Menjadi Gemuk

Berita Kesehatan – Saat tengah banyak fikiran atau dirundung stres kritis, tanpa ada diakui sebagian diantara kita mungkin juga akan jadi lebih banyak makan. Dalam jangka panjang perlahan berat tubuh pun dapat naik sampai akhirnya kegemukan atau bahkan juga obesitas.

Penyebab Stres Membuat Orang Menjadi Gemuk

Nafsu makan tidak terkontrol yang sekian seringkali disebut sebagai emotional eating. Apa yang menyebabkannya dimaksud peneliti dapat karna reaksi gula darah pada badan saat seorang tengah stres.

Tim dari Leeds University serta dr Giles Yeo dari program BBC ” Trust Me, I’m a Doctor ” bereksperimen kecil untuk lihat hal ini. dr Giles dengan berniat buat dirinya stres dengan melakukan tes Maastricht Stress.

Tes melibatkan dr Giles untuk menyelesaikan masalah matematika secara cepat dimuka computer. Ia juga merendam tangannya dalam ember diisi air es sepanjang sekian waktu. Tingkat gula darah dr Giles diukur sebelumnya serta sesudah lakukan tes.

” Gula darah kita wajarnya bakal meningkat waktu makan serta pada orang yang sehat seperti Giles gula darah ini bakal cepat kembali turun, ” kata Pembawa acara sains untuk BBC, Dr Michael Mosley.

” Tapi apa yang diketemukan oleh tim dari Leeds yaitu waktu Giles tengah stres gula darahnya butuh saat tiga jam lebih lama untuk kembali normal. Enam kali lipat lebih lama dibandingkan di hari umum waktu bebas stres, ” lanjut Dr Michael.

Kenapa gula darah naik saat stres yaitu reaksi alami untuk memberi tubuh energi ekstra karna dianggap tengah dalam bahaya. Tetapi ketika daya ekstra itu tidak terpakai jadi pankreas juga akan memompa insulin untuk menurunkan gula darah.

” Nah meningkatnya insulin serta menyusutnya gula darah ini dapat buat anda terasa lapar. Itu lah mengapa anda ingin makan makanan tinggi karbohidrat saat stres, ” pungkas dr Michael.

Apa yang dapat dilakukan seseorang untuk menangani hal ini? Menurut beberapa pakar yang terpenting yaitu mengerti betul bisa membedakan dorongan makan yang serius lantaran badan perlu nutrisi atau lantaran dampak emosi.