Pernyataan Terbaru Menteri Ketenagakerjaan Soal Cuti Bersama

Pernyataan Terbaru Menteri Ketenagakerjaan Soal Cuti Bersama

Berita Bisnis – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri pada 8 Mei lalu telah mengeluarkan dua surat edaran terkait Ramadan 2018. Surat edaran itu mengenai pelaksanaan cuti bersama bagi swasta, dan terkait pembayaran tunjangan hari raya keagamaan untuk pegawai swasta.

Dikutip dari akun Twitter resmi @KemenakerRI, Sabtu 12 Mei 2018, dalam Surat Edaran No B.70/M.Naker/PHIJSK-SES/V/2018 tentang cuti bersama pada perusahaan swasta, ditegaskan bahwa swasta tidak wajib mengikuti penambahan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sebab, penambahan cuti bersama tersebut akan memengaruhi cuti tahunan pegawai swasta. Karena itu ada pilihan dan aturan ini bersifat fakultatif.

Sementara itu, untuk pembayaran THR swasta paling lambat satu minggu sebelum Lebaran 2018. Hal itu ditegaskan dalam Surat Edaran No 2 Tahun 2018 tentang Pembayaran THR Keagamaan Tahun 2018.

Dalam surat edaran tersebut pun dijelaskan perhitungan besaran pembayaran THR yang wajib diikuti perusahaan. Para gubernur dan pimpinan daerah setempat pun diminta untuk memantau secara langsung implementasi aturan ini di lapangan.