Senjata Railgun Sedang Heboh Dikembangkan Di Banyak Negara Besar

Senjata Railgun Sedang Heboh Dikembangkan Di Banyak Negara Besar

Berita Teknologi – Tidak hanya ramai pemakaian teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) oleh militer, saat ini keluar senjata model baru bernama Railgun.

Senjata ini memakai daya elektromagnetik untuk menghancurkan tujuan. Memakai empat sirip kecil pada ekornya, peluru dapat diarahkan tetaplah ke tujuan dengan kecepatan super.

Hadirnya Railgun tunjukkan pergeseran paradigma dalam teknologi balistik. Senjata ini diklaim dapat dengan gampang menghantam obyek bergerak seperti kapal laut, pesawat nirawak, sampai rudal lawan.

Amerika Serikat, Rusia, India, serta Turki tengah meningkatkan senjata super ini tapi belumlah ada yang mengerjakannya diatas kapal perang.

Mengutip website New Scientist, Sabtu, 10 Februari 2018, China juga ikutan mempunyai senjata meriam elektromagnetik super ini.

Rangkaian foto yang terpublikasi tunjukkan kalau negeri Tirai Bambu itu menempatkan Railgun di kapal perang Tipe 072 III bernama Haiyangshan punya Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China.

Kapal perang memiliki ukuran 119, 5 mtr. itu terlebih dulu cuma diberi system senjata kembar H/PJ76F.

Beberapa ilmuwan yang meningkatkan senjata ini percaya peluru Railgun dapat melesat dengan kecepatan 7, 5 Mach atau sekitaran 9. 100 km. /jam, sama dengan tujuh kali kecepatan suara.

Peluru yang dimuntahkan Railgun dapat mencapai jarak 160 km.. AS telah meningkatkan teknologi ini sepanjang 10 tahun yang menggunakan dana sekitaran US$500 miliar atau Rp6, 7 triliun.

Dalam uji cobanya, protipe Railgun dapat menembakkan proyektil peluru dalam kecepatan 7. 800 km. /jam atau lebih dari 6 Mach dengan jangkauan 150 km..

Senjata ini memerlukan daya listrik tinggi, yaitu sampai 25 megawatt, atau sama dengan listrik yang dipakai oleh 18. 750 tempat tinggal di negeri Paman Sam.

Tetapi menurut berita, Presiden AS Donald John Trump mencabut proyek ini pada tahun lalu karena sangat mahal. Jika proyek ini dilanjutkan jadi Railgun dapat dipasang di kapal tempur siluman baru, USS Zumwalt.