Siapa Sangka Rajin Sikat Gigi Dapat Bantu Mencegah Diabetes

Siapa Sangka Rajin Sikat Gigi Dapat Bantu Mencegah Diabetes

Berita Lifestyle – Tak hanya menghindari gigi rusak, menyikat gigi secara rutin bisa memberikan banyak sekali manfaat. Menurut seorang pakar kesehatan gigi, menyikat gigi juga bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Dr. Mark Hughes, pendiri Harley Dental Studio, mengatakan bahwa penumpukan bakteri di dalam mulut bisa masuk ke aliran darah melalui pembuluh kapiler di gusi. Hal ini menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan arteri.

Arteri yang tersumbat berhubungan dengan banyak sekali masalah kesehatan, termasuk diabetes. Dengan menyikat gigi dapat membantu menghilangkan penumpukan bakteri, sehingga mengurangi kemungkinan terkena masalah lain di tubuh Anda.

“Riset menunjukkan bahwa bakteri bisa menyebabkan penyakit gusi. Peradangan di gusi bisa membuka kapiler, sehingga berdarah dan bakteri dari lubang di gigi bisa berakhir di aliran darah, menyebabkan plak di pembuluh darah,” jelas Hughes seperti dilansir laman Metro.co.uk.

Selain itu, masih ada banyak lagi penelitian yang menunjukkan kaitan antara kesehatan keseluruhan Anda dengan kesehatan mulut. Mulai dari penyakit kardiovaskular, diabetes, Alzheimer’s, hingga kelahiran prematur. Sudah ada banyak studi yang meneliti semua ini.