Tips Agar Tak Mudah Mengantuk Saat Bekerja

Berita Lifestyle – Kerja selama seharian akan begitu melelahkan. Perasaan kantuk yang sering hadir umumnya jadi permasalahan.

Tidak gampang memang melawan perasaan kantuk. Bila Anda sampai tertidur, jadi risikonya adalah pekerjaan yang berantakan.

Kopi sering jadi jalan keluar singkat untuk meredakan perasaan kantuk. Akan tetapi, terlalu banyak minum kopi dapat juga berbuntut pada beberapa masalah kesehatan seperti migrain, perasaan grogi, resah, seringkali buang air kecil, dan detak jantung berasa cepat.

Untuk itu, diperlukan pilihan lainnya yang bisa menolong Anda menahan kantuk saat kerja. Tersebut mencuplik Bustle, beberapa panduan yang dapat Anda kerjakan.

1. Berjalan
Tidak baik bila terlalu kaku dan cuma duduk di meja kerja. Tidak apakah mencurahkan perhatian pada kerjaan, tetapi kadang-kadang Anda butuh berkeliling-keliling kantor, mengobrol dengan rekan kerja, atau sesaat nikmati pemandangan di luar kantor.

Mengambil waktu beberapa waktu untuk istirahat sesaat dan berjalan. Perihal ini akan membuat Anda kembali fresh dan lebih produktif.

2. Gunakan minyak peppermint
Aroma peppermint berasa fresh di hidung. Psikolog Jennie Ann Freiman mengatakan jika peppermint merupakan stimulan alami yang tawarkan kesegaran saat mengantuk.

Anda bisa menaruh minyak peppermint di meja kerja. Dengan menghirupnya, Anda akan kembali tambah energi, fresh, konsentrasi, dan berkonsentrasi lebih baik.

3. Cemilan
Terlalu repot kerja sering membuat beberapa orang lupa makan. Tiada diakui, perihal itu akan membuat konsentrasi alami penurunan.

Pilih beberapa cemilan yang dapat membuat daya kembali, seperti telur, alpukat, kacang-kacangan yang dapat Anda taruh di laci meja kerja.

4. Minum air mineral
Jangan sampai lupa untuk menyediakan air mineral di meja kerja. Air bisa digunakan saat Anda mendadak merasa haus.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyebutkan jika dehidrasi mudah sekali juga bisa mengakibatkan kecapekan dan menghilangkan konsentrasi.

5. Duduk tegak
Duduklah dengan tegak! Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology temukan jika postur badan saat duduk bisa merubah tingkat daya seseorang.

Orang yang duduk tegak dilaporkan merasa lebih energik dan semangat dibanding mereka yang duduk sambil bertumpu pada kursi.

6. Pijatan
Terkadang, badan berasa pegal di dalam aktivitas kerja. Tidak ada kelirunya untuk memberi dikit pijatan untuk diri pribadi.

Pelatih kesehatan holistik Sarah Jacobs mengatakan, memijat diri pribadi adalah langkah bagus untuk memperlancar perputaran darah dan merangsang skema saraf.

Anda bisa mengerjakannya dengan menggosok sisi belakang leher ke atas kulit kepala. Lewat cara ini, Anda akan kembali memperoleh daya.

7. Membersihkan muka
Waktu kantuk menimpa, bersihkan muka Anda dengan air dingin. Lewat cara itu, Anda akan kembali merasa fresh.

Badan biasanya mempunyai tanggapan fisiologis pada air. Serta, reaksi inilah yang akan menghilangkan perasaan kantuk.

8. Ambil napas dalam-dalam
Anda dapat ambil napas dalam-dalam sekitar 10 kali per menit. Men’s Journal mencatat, rutinitas tersebut akan tingkatkan daya dan kembalikan potensi kognitif Anda.

9. Kunyah permen karet
Salah satunya langkah sangat ampuh untuk mencegah perasaan kantuk adalah kunyah permen karet. Kunyah membuat badan selalu berjalan, walau cuma di bagian mulut.

Satu studi yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology temukan jika orang yang kunyah permen karet saat 15 menit merasa lebih siaga dibanding mereka yang tidak mengunyahnya benar-benar.

Kunyah membuat otot terstimulasi, sekaligus juga tingkatkan saluran darah ke kepala.